Jumat, 24 Agustus 2012

Panduan SEO Moz 2 : Bagaimana manusia berinteraksi dengan search engine?

Hal terpenting yang perlu di terapkan internet marketer untuk sukses dalam strategi SEO adalah "Rasa Perduli" terhadap user/pencari informasi. Sekali kamu mendapatkan perhatian dari user, kamu akan dapat meraihnya, dan menjaganya.

Membangun suatu website haruslah "Menyediakan informasi untuk Manusia" Bukannya " Menyediakan informasi untuk search engine". Apabila pengunjung mendapatkan pengalaman yang buruk, dan tidak dapat menemukan apa yang mereka cari pada situs kita, maka hal ini akan sangat berhubungan dengan penilain search engine atau mesin pencari terhadap web kita. Sebaliknya apabila kita berhasil menyediakan informasi yang menjawab pertanyaan user maka kita akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus, yaitu Ranking dari search engine dan "pelanggan setia".

Lalu apa yang sebenarnya dicari oleh user?
-  "DO" atau  action, seperti membeli tiket, atau mendengarkan lagu online
- "Know" atau informasi. seperti informasi tentang nama band ataupun restorant terbaik di New York
- "GO" atau Navigasi, yaitu mencari web tertentu seperti Facebook, NFL dll.

Lalu apabila user mengetik di search engine kemudian sampai di situs anda, apakah mereka akan puas dengan informasi yang anda sajikan? Ini adalah pertanyaan mendasar Search engine, dan setiap hari mesin pencari melakukan usaha jutaan kali untuk mengetahui apakah situs anda bermanfaat atau tidak. Karena tanggung jawab search engine adalah untuk menyediakan informasi yang relevan dan berkualitas.

Lalu mengapa kita harus menerapkan ilmu SEO?
Dengan konten yang berkualitas kita telah menyediakan sesuatu yang bermanfaat. Masalahnya bukan hanya
menyediakan, tetapi kita juga perlu menyampaikan. Menyediakan dengan "informasi berkualitas" dan menyampaikan dengan "menggunakan ilmu SEO"

Fakta-fakta tentang Google:
- Google memimpin pasar di US, dengan prosentase 65 persen, mengikuti dibelakangnya ada Yahoo, dengan prosentase 17,2 persen pengguna dan 13,4 persen dari MSN
- Amerika sendiri melakukan 20,3 miliar pencarian dalam satu bulan. Google menyumbang 13,4 miliar pencarian, diikuti oleh Situs Yahoo! (3,3 miliar), MSN 2,7 miliar), Ask (518 juta) dan AOL LLC (277 juta).
- StatCounter global Statistik melaporkan 5 mesin pencari terbaik di seluruh dunia:
 Google mengirimkan 90,62% dari lalu lintas.
 Yahoo! mengirimkan 3,78% dari lalu lintas.
 Bing mengirimkan 3,72% dari lalu lintas.
 Ask Jeeves mengirimkan .36% dari lalu lintas.
 Baidu mengirimkan .35% dari lalu lintas.

Lalu kesimpulan apa yang kita dapat dari data statistik diatas?
- Search engine sangatlah populer, dan tumbuh dengan pesat akhir-akhir ini
- Search engine sangat mempengaruhi ekonomi baik secara online maupun Ekonomi nyata
- Peringkat yang tinggi di search engine sangatlah penting
- Masuk dalam page 1 Google bukan hanya menyediakan traffic, tapi juga pelanggan yang loyal.

Jadi belajar Dasar SEO adalah hal yang wajib agar kita mampu mendapatkan tujuan utama diatas

2 komentar:

  1. article is very helpful .. may be useful for all of us ..

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat artikel nya gan jangan lupa kunjungi blog saya yang baru
    CaraGaul.net

    www.caragaul.net

    BalasHapus