Kamis, 23 Agustus 2012

Panduan SEO Moz 1 : Bagaimana Cara Search engine beroperasi

Bayangkan bahwa worlwide web adalah sistim kereta bawah tanah, Setiap pemberhentian adalah Artikel yang unik,PDF ataupun dokumen. Search engine membutuhkan jalan untuk "melacak" seluruh kota, dan berhenti di sepanjang jalan, sehingga mereka menjadikan Link sebagai media untuk menelusurinya.

Crawling dan Indexing
Melacak milyaran dokumen, file, berita, video tentu hal yang sangat rumit yang harus dilakukan oleh search engine.

Menyediakan Jawaban / Solusi
Menyediakan jawaban untuk pertanyaan penguna, adalah menyediakan daftar berupa halaman yang relevan melalui metode peringkat. Lewat link lah search engine robot akan otomatis melacak semua struktur atau lazim disebut Spiders atau Crawlers

Sekali mereka mengindex, mereka akan melakukan seleksi terhadap situs kita dan kemudian menyimpannya dalam haddisk yang sangat besar, dan kelak akan memanggilnya bila dibutuhkan oleh user. Mesin pencari telah membangun pusat data diseluruh dunia, hal ini akan sangat memudahkan untuk mendapatkan sesuatu yang diminta oleh user dalam waktu sepersekian detik. Dikarenakan permintaan yang tinggi, maka mesin
pencari dituntut untuk dapat menyediakan informasi dalam waktu yang sangat singkat, apabila tidak maka user akan kecewa dan mungkin beralih ke search engine lain

Tujuan utama search engine adalah untuk menyediakan jawaban
User berharap bila menggunakan search engine akan menemukan jawaban atas apa yang mereka butuhkan, tentu dari milyaran dokumen, Search engine harus memilihkan mana yang paling relevan dan paling baik untuk ditampilkan.

Bagaimana cara search engine menganggap suatu artikel/situs itu penting?
Semakin penting/berharga informasi yang terkandung maka akan semakin penting pula situs itu dimata search engine. Hal ini tentu dilakukan mesin pencari untuk kepuasan user, dan telah terbukti mampu memberikan kepuasan user.

Popularitas dan relevansi tidaklah mungkin dapat dilakukan dengan cara manual, karena akan membutuhkan sumberdaya yang tidak terhitung jumlahnya. Hal itu dilakukan secara otomatis, dengan perhitungan matematika dan algoritma untuk menentukan urutan yang ditampilkan pada hasil pencarian. Sebagai perumpamaan petanilah yang menentukan nilai suatu gandum.
Algoritma ini melibatkan jutaan komponen, hal ini yang disebut dengan Search Engine Ranking Factors.

Lalu bagaimana cara untuk memenangkannya atau sukses dalam pertarungan?
Mungkin kita pernah berpikir bahwa menembus page one google adalah hal yang mustahil karena harus bersaing dengan milyaran dokumen lain.

Panduan SEO dari Bing
Bing merekomendasikan beberapa hal berikut agar mendapatkan ranking di Search Engine
- Buatlah Struktur situs yang rapi, kaya akan kata kunci (keyword)
- Buatlah konten segar berdasarkan riset untuk menjawab apa yang user mau, dan buatlah secara berkala
- Hal yang sia-sia adalah menempatkan text di dalam gambar, karena mesin pencari membaca gambar berdasarkan tag "alt"

Lalu bagaimana cara melakukan riset yang untuk mengetahui keampuhan suatu rumus SEO?
- Buatlah domain asal-asalan seperti ishkabibbell.com
- Pantau terus peringkatnya
- Gunakan metode-metode SEO yang dianggap berpengaruh seperti penempatan keyword, link, >300 kata dalam artikel, H1/H2 dll.
- amati kemudian catat kemajuannya
- apabila terjadi kekonsistenan, kemungkinan rumus yang anda terapkan sudah benar.

Diambil dan diterjemahkan dari : http://www.seomoz.org/beginners-guide-to-seo/how-search-engines-operate

1 komentar: